Kebakaran di Pasar Karya Nugraha Bau-Bau

Pasar Karya Nugraha Bau-Bau di lahap si Jago Merah
Pasar Karya Nugraha merupakan pasar yang menjadi sumber hidup sebahagian masyarakat Kota Bau-Bau. Pasar yang biasanya memulai aktifitasnya pada jam 5 pagi itu di kejutkan dengan hingar-bingar pada sekitar hampir jam 3 subuh ini "
Asap yang mengepul dari los penggilingan daging menjadi awal bermulanya tragedi Kebakaran yang membawa kerugian pada pedagang, Mesin penggilingan daging, Kulkas dan lain-lain ikut jadi sarapan empuk si jago merah.

Saya berada di lokasi beberapa menit kemudian, saat itu api baru kelihatan memanjat bumbung dan asap menguasai bagian dalam gedung, suasana panik sana-sini, teriakan dan komando masyarakat seperti lazimnya terjadi kebakaran tidak menghalang si jago merah meneruskan santapan, dan atap seng yang kelihatan utuh sejak beberapa menit tadi ambruk bersamaan dengan pemandangan hitam, ternyata bagian dalam gudang sudah habis di makan api.

Dinding tembok gudang menghambat petugas pemadam kebakaran dalam mengawal api yang menjalar dengan tenang, maklum saja angin subuh tidak sekencang waktu lain. Sebab utama cepatnya api menjalar karena dalam gudang terdapat mesin penggilingan daging dengan bahan bakar yang mudah memicu gelombang api lebih parah.
Hiruk pikuk mewarnai susana dan tempat saya biasanya membeli nasi kuning untuk sarapan pagi mejanya sudah terbalik, harap-harap tidak di jilat api soalnya nasi kuningnya menyelerakan gitu.
Ketika saya bertanya pada seseorang yang kebetulan jaga malam waktu itu,"Pak Amilun, katanya hanya melihat asap hitam dari arah belakang gudang, dan mereka bergegas menghubungi pemadam kebakaran Bau-Bau.

Dengan ketangkasan Petugas Petugas Pemadam Kebakaran serta bantuan masyarakat, api mulai lemah kemudian hanya gumpalan asap tebal dari dalam gudang, dibantu semprotan air dari dua unit mobil tangki Dinas Pemadam Kebakaran Bau-Bau ,api berhasil dikuasai secara keseluruhan pada jam 4.45 subuh.

Menurut Bpk. Hj.L.A Karim dari dinas Pemadam Kebakaran Bau-Bau yang saya temui dalam keadaan basah kuyup subuh ini menyatakan api berhasil di lemahkan dalam satu jam,"sukses untuk Petugas-Petugas malam itu yang saya lihat sangat berani memasuki kawasan berasap walaupun tidak memakai topi keselamatan, mereka berani."andai saja kayu bumbung yang jatuh tadi menimpa seorang petugas itu" wallahualam tidak dapat saya bayangkan, namun alhamdulillah sehingga api di padamkan, tidak ada korban jiwa dilaporkan,dan kerugian dianggarkan mencecah ratusan juta rupiah.
Maaf, foto belum sempat diunggah" saya tidur dulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Hack Chip Poker Terbaru

RUMAH BUDAYA SULAWESI TENGGARA

Sejarah Negeri Wuna