AKU & WARIS KESULTANAN BUTON

Tahukah anda bahawa suatu ketika dulu ramai juga orang asli Malaysia membantu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia? Dan, ramai juga orang asli Indonesia memperjuangkan kemerdekaan Malaysia. Kaget dengan pernyataan ini? Kenapa? Ga ada dalam buku sejarah ya? Ya, bener itu! Ga ada dinyatakan dalam buku sejarah waktu kita bersekolah SD, SMP atau SMA dulu baik di Malaysia atau di Indonesia. Saya pasti banget itu. Saya ini anak sekolahan juga lho, kaya si Doel Anak Betawi Dulu.... lama dulu…,,,waktu kita2 belum lahir ke dunia, bahkan orang tua kita juga mungkin belum lahir… datuk nenek kita sama2 berjuang menentang penjajahan. Ada yang menentang penjajahan Inggeris, ada yang nentang Belanda dan ada yang nentang Portugis. Masing-masing berjuang di tempatnya masing2. Namun saling membantu. Paling tidak, masing-masing mempunyai misi dan visi yang sama iaitu ingin membebaskan tanahair dari penjajahan. Bumi ini harus dimerdekakan! Idulfitri yang baru berlalu, waktu saya lagi nyetir pulkam ke rumah nenek di kampung, bapa saya bilang kalo ada temennya pernah menjadi pejuang relawan kemerdekaan Indonesia. Tapi dia dipaksa pulang (dideportasi) ke Malaysia apabila berlaku krisis Ganyang Malaysia oleh Sukarno pada tahun 1965. Beberapa bulan lalu, sebuah koran harian papan atas di Malaysia ada menulis mengenai seorang asli Malaysia yang berasal dari Kota Bharu, Kelantan yang kini telah menjadi warganegara Indonesia. Beliau telah memperjuangkan kemerdekaan RI dan telah dianugerahkan sertifikat penghargaan dari Presiden Sukarno. Beliau kini pensiunan guru dan tinggal di Jakarta. Begitu juga di Malaysia, ramai orang asli Indonesia yang turut memperjuangkan Tanah Melayu (nama asal bagi Malaysia) ini dari penjajahan. Mungkin caranya ga sama. Wong penjajahnya juga beda. Tapi yang penting ialah keturutsertaan dalam perjuangan. Ramai juga orang-orang besar di Malaysia adalah berketurunan dari Indonesia. Malah ada beberapa negeri di Malaysia yang mempunyai sultan yang bergaris keturunan dari Kesultanan Bugis di Makassar, Sulawesi dan dari Kesultanan Minangkabau Pagar Ruyung, Sumatera dan yang paling lama ialah dari Kerajaan Sriwijaya, Bukit Siguntang, Palembang, Sumatera. Juga ada para menteri dan orang-orang kenamaan lainnya dari garis keturunan Jawa, Batak, Deli, Riau, Banjar dan lain-lainnya. Malah pernah kan terjadi kekecohan soal waris Kesultanan Bulungan, di Kalimantan, yang mana waris terkuatnya adalah berwarganegara Malaysia. Dulu, waktu saya masih SD5 atau SD6 kalo ga salah, ada seorang teman saya ngaku2 sebagai putera Raja Buton. Katanya dia punya bukti. Dia ngajak saya datang ke rumahnya di Kampung Melayu Majidee, Johor Bahru, dia mau nunjukin keris pusaka kerajaan dan beberapa alat kebesaran kerajaan Buton. Katanya mereka kalah perang ama Belanda dan harus melarikan diri hinggalah akhirnya tiba di Johor, Malaysia. Entah kenapa ya, saya kok ga ke rumahnya. Tapi saya pernah ditunjukin rumahnya dari seberang jalan. Pada waktu itu, saya kan ga pernah denger Kesultanan Buton Makanya saya penasaran dan mikir2 apa saya ini dikibulin aja ama temen saya itu. Saya minta dia jelasin di mana tempat yang bernama Buton itu. Lalu saya ngambil atlas yang saya punya waktu itu. Dia nunjukin ke pulau-pulau kecil di perairan selatan pulau Jawa. Wah… dalam hati saya, kok ga ada tulisan yang namanya Buton. Dalam hati saya, 50 persen percaya kerana dia sungguh-sungguh banget ceritanya dan 50 persen ga percaya kerna ga ada pulau yang namanya Buton di Atlas saya itu. Saya terus-terusan nyari di atlas itu tempat yang namanya Buton. Hingga sampai saya ke SMP dan SMA saya masih aja nyari tempat yang namanya Buton di sekitar pulau Jawa tapi ga ketemu. Kok saya tetep aja nyarinya walo udah tahunan peristiwa itu berlaku dan saya juga udah ga inget lagi nama temen kecil saya itu. Saya penasaran lho! Yang namanya takdir, ketika saya tamat kuliah saya kan orangnya suka merantau, walau ga dapat apa-apanya, uang abis, badan capek… saya dapat maklumat soal Buton. Memang bener sih… memang ada tempat yang namanya Buton di Indonesia. Trus saya nyari di atlas adiknya saya… ya ketemu udah! Buton adalah nama pulau berdekatan pulau Sulawesi. pulau Buton kecil aja. Ya waktu saya SD dulu tahun 80an kan atlasnya masih yang gampang2 aja. Ya ga komplit gitu. Makanya puas saya nyari Buton tapi ga ketemu. Kalau atlasnya adik saya kan udah moderen dan agak2 komplit gitu infonya. Tapi waktu itu ga banyak informasi yang saya dapat mengenai pulau Buton. Ya cuman sekedar tahu bahawa ada sebuah pulau yang namanya Buton di sebelah tenggara Sulawesi. Jaman itu ga ada yang namanya internet. Kalau ada juga ga ada gunanya kerna pada waktu itu walau saya lulusan universitas, tetep aja saya gaptek! Wong saya pernah sih ngantar hasil ujian ke dorsen yang isinya disket kosong gara2 saya ga tahu cara ngesave yang bener guna software Wordstar. Lagian jaman itu ga ada yang namanya “pakcik GOOGLE” atau “makcik WIKIPEDIA”. Lainlah jaman sekarang, gampang banget nyari info soal2 beginian. Beberapa tahun yang lalu (setelah saya kenal internet mulai akhir tahun 1999), baru saya pasti banget dan yakin betapa temen kecil saya dulu ga nipu saya. Cuma pada waktu itu dia jugakan masih ingusan kaya saya, jadi ga berapa tau yang tepat informasinya jadi dia jadi salah nunjukin di mana tempat yang namanya Buton itu. Saya percaya, dia pasti anak kelahiran Malaysia. Jadi dia cuman dapat infonya dari kalangan keluarganya aja. Saya sebenarnya udah putus hubungan dengan temen saya si Buton itu (ijinkan saya manggil dia si Buton kerna saya udah lupa nama sebenarnya dia). Saya juga ga pernah2 lagi ketemu dia. Entah masih hidup apa udah mati? Ga tau saya. Namun saya ada ketemu secara ga sengaja ama kakaknya (abangnya kalo di Malaysia kerna itu kakak laki2). Tapi saya buat ga ada apa2 aja lho. Wong kakaknya ga kenal saya kok dan saya juga malas mo nanya2 kenangan lalu. Kadang, waktu saya nyetir, ya jalan2 sekitar Kampung Melayu Majidee, saya yakin saya masih inget di mana rumahnya. Ada juga perasaan ingin mampir dan nanya2 ke rumah itu. Tapi masih terpendam dalam hati, belum terlaksanakan. Ya… kan udah lebih dari 20 tahun peristiwa itu berlalu. Ya jadi serba-salah ni. Lihatlah betapa eratnya hubungan antara dua negara ini pada waktu dulu. Rakyatnya ya itu2 juga. Serumpun kok. Malah, bendera partai UMNO (United Malays National Organisation atau Pertubuhan Kebangsaan Melayu Bersatu) di Malaysia (yang merupakan komponen utama partai pemerintah Malaysia yang mewakili orang Melayu) juga mengambil ciri-ciri bendera Republik Indonesia yang merdeka duluan. Sang Saka Merah Putih itu nama bendera RI, manakala bendera UMNO pula juga merah putih hanya ditengah2nya diletakkan lambang keris, iaitu senjata tradisional pusaka orang Melayu. Sama juga sih ama orang Indonesia. Rata-rata senjata tradisionalnya keris, lembing, parang, sundang, kerambit ya itu2 juga sih. Sungguh banyak persamaan kita. Kita sebenarnya bersaudara. Cuman sekarang kita beda rumah, itu aja. Ya ngertilah beda rumah. Rumah punya masing2lah. Tapi tetap bersaudara kan? Apa mau saya ceritakan sejak dari jaman Sriwijaya dulu? Atau sejak jamane Nabi Adam? Ya ini saja cerita saya pada kali ini. Kapan2 saya akan ceritakan pertemuan saya dengan seorang mantan tentara Kahar Muzakkar atau juga dikenali sebagai Kahang Mukasar yang kini telah menjadi warganegara Malaysia waktu pengembaraan saya ke Sabah, sebuah negeri bagian Malaysia yang di pulau Borneo, deket Kalimantan sono, juga soal isu Ambalat (persepsi rakyat biasa tanpa soal politik negara), soal Malaysia is truly asia yang menjadi kemarahan segolongan orang Indonesia dan apa2 lagi lah. Till then, see ya… bye…(Nasron) Sila rujuk sumber disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Hack Chip Poker Terbaru

RUMAH BUDAYA SULAWESI TENGGARA

Sejarah Negeri Wuna